Selasa, 05 Januari 2010

SAAT KESEDIHAN MELANDA…

Anda pernah bersedih? Rasanya, hampir semua orang yang hidup di dunia ini pasti pernah merasakan yang namanya kesedihan. Kesedihan selalu menjadi bumbu dalam perjalanan panjang setiap orang. Walaupun kesedihan yang dialami setiap orang bisa memiliki berbagai macam variasi baik dalam masalahnya maupun derajat kepedihan yang dirasakannya, semua orang pasti pernah merasakannya.

Sedikit mengutip lagu dari sebuah band ternama, “Mengapa ada luka bila bahagia tercipta. Mengapa ada hitam bila putih menyenangkan.” Mungkin begitulah orang sering bertanya-tanya, mengapa harus ada kesedihan jika di dunia pun ada kebahagiaan yang terasa lebih menyenangkan. Tapi itulah hidup. Seorang wanita tidak akan terlihat cantik jika tidak ada wanita-wanita lain yang kurang sempurna parasnya. Sesuatu yang wangi dikatakan lebih baik karena ada yang tidak wangi.

Artinya, kebahagiaan hanya bisa dirasakan sebagai kebahagiaan yang menyenangkan jika ada kepedihan yang mengiris hati. Lebih jauh lagi, yang menjadikan hidup menjadi berwarna dan punya makna adalah karena adanya hal-hal yang lain sebagai sesuatu yang dapat diperbandingkan sekaligus dapat saling melengkapi. Menjadi tidak terlalu penting untuk terus-menerus berkutat dengan masalah yang menimbulkan kesedihan itu. Yang lebih penting ialah bagaimana mengatasinya agar kesedihan itu tidak terus berlarut-larut dan mengacaukan semua hal positif yang harusnya kita miliki.

Melalui tulisan ini, saya hanya ingin mengatakan, “Janganlah bersedih karena kesedihan. Karena kesedihan adalah hal yang wajar yang akan selalu menemani sepanjang hidup kita. Selama kita masih punya hati dan perasaan, adalah wajar jika kebahagiaan dan kesedihan datang silih berganti. Jadi, berdamailah dengan kesedihan yang kita rasakan. Sekali waktu, cobalah untuk berbahagia dengan kesedihan. Karena kesedihan akan terasa sangat menyakitkan tetapi juga akan membuat kita menjadi lebih kuat dan tangguh ketika kita mampu menghadapinya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar