Selasa, 26 Januari 2010

PRESENTASI?? SIAPA TAKUT?

Suka grogi kalau harus presentasi di depan kelas atau forum apapun? Bahkan sampai ngomongnya kacau? Keringat dingin? Hampir semua orang yang baru pertama kali presentasi atau berbicara di depan akan merasa seperti itu. Apalagi jika di depan orang-orang yang belum dikenal, belum siap materi, atau juga di depan orang-orang yang lebih senior. Ya, kalau sesekali sih tidak mengapa, wajar. Tapi kalau terus-terusan, bisa menghambat prestasi dan penghambatan diri, kan? Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalahmu…Selamat mencoba!!

1. Siapkan materi
Ini wajib hukumnya. Susah kan, kalau harus presentasi tapi materinya belum siap bahkan tidak tahu sama sekali? Yah, minimal baca-baca sedikitlah. Syukur, bisa cari referensi-referensi lain yang relevan. Biar waktu presentasi bisa cas-cis-cus.

2. Rajin update info
Kalau yang ini bagusnya dilakukan tiap saat. Infonya bisa tentang apa saja. Apalagi sekarang akses media mulai media masa, buku, media elektronik sudah sangat mudah, pergaulan juga penting. Info apapun mudah didapat. Ini penting agar pengetahuan kita luas. Jadi, kalau sewaktu-waktu harus presentasi atau jadi pembicara mendadak tanpa tahu materinya terlebih dahulu, kita masih bisa tampil berbekal pengetahuan yang kita punya.

3. Tidur yang cukup
Tidak bisa dibenarkan, kalau dengan alasan besok presentasi lalu latihan mati-matian semalam suntuk agar besok lancar. Mana bisa belajar presentasi yang bagus hanya dalam waktu semalam. Ingat, semua butuh proses. Jadi, sisakan waktu untuk tidur yang cukup karena kurang tidur justru akan meningkatkan kecemasan dan depresi di esok hari. Bisa-bisa, presentasi jadi berantakan karena ngantuk dan tidak fokus.


4. Jangan lupa makan
Sederhana, tapi sering dilupakan orang. Perasaan nervous memang sering membuat tidak nafsu makan. Tapi, paling tidak makanlah beberapa sendok untuk mengisi perut. Ini penting untuk stamina. Untuk suplai energi ke otak. Tidak mungkin dapat presentasi dengan baik kalau kinerja otak menurun.

5. Berpakaian rapi dan nyaman
Pakaian yang rapi, bersih, dan sopan sesuai dengan situasi forum atau kelas, akan meningkatkan karisma kita di depan orang lain. Kita juga akan merasa lebih percaya diri karenanya. Faktor kenyamanan juga penting diperhatikan. Kalau kita merasa nyaman, dengan sendirinya orang lain juga akan nyaman melihat kita. Pakaian yang rapi dan nyaman akan meningkatkan face validity kita. Dari luar, orang lain akan menilai kita sebagai orang yang berkompeten.

6. Optimis dan ketenangan
Yakinkan diri kita sendiri bahwa ketika mampu menguasai forum atau kelas. Tanamkan dalam kepala kita, bahwa hanya butuh sedikit ketenangan dan semuanya akan berjalan dengan baik-baik saja. Kalau orang lain bisa melakukannya kenapa kita tidak? Kita tidak lebih buruk dari mereka, bahkan mungkin kita bisa tampil lebih baik dari pembicara-pembicara handal sekalipun.

7. Tarik nafas
Kalau rasa nervous sudah kembali menyerang, coba tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan pelan-pelan. Lakukan satu atau dua kali sebelum berbicara untuk mendapatkan kembali ketenangan kita.

8. Tatap matanya
Jangan menghilangkan rasa nervous dengan menghindari tatapan mata lawan bicara. Itu justru akan membuat kita semakin grogi. Kita akan merasa mereka benar-benar sedang menilai kita, padahal kenyataan mungkin tidak demikian. Beranikan menatap mata lawan bicara satu persatu. Tak usah dipelototi, cukup sekilas saja tapi mengena benar pada matanya.

9. Berkutat pada catatan? NO
Kuasai poin-poin penting dari materi yang telah kita siapkan. Jangan terus menerus berkutat pada catatan yang kita bawa. Gunakan media seperti LCD atau OHP hanya sebagai media bantu untuk memudahkan audiens memahami materi. Hindari presentasi seperti orang membaca buku. Kembangkan poin-poin penting dengan bahasa kita sendiri.

10. Berdoa
Kalau semua sudah dipersiapkan, jangan lupa berdoa. Biar bagaimanapun, hanya dengan kuasa Tuhan, semua dapat berjalan lancar.




1 komentar:

  1. wah menarik baget artikelnya, memamng ketika presentasi kadang kala kita suka nerves alias grogi ada 4 hal pokok dalam presentasi
    1. face validity seluruh bagian tubuh haruslah sesempurna mungkin darimulai ujung rambut sampai ujung kaki haruslah sesrasi sedemikian rupa karna kita menjadi pusat ratusan mata yang membuat kita grogi diantara audient ada yang kurang suka dalam penampilan kita
    2. construct validity bahwa materi yang kita presentasikan mesti orsinil buatan kita, sehingga kita pasti dapat menjawab sluruh pertanyaan audient
    3. Content validity bahwa konten konten yang harus disampaikan harus sesuai standar presentasi yaitu 10 persen prolog pembukaan yang bersifat abstrak 70 persen dialog seluruh materi yang akan kita sampaikan 20 persen epilog atau kesimpulan dari materi yang kita sampaikan
    4. Time estimated bahwa kita di tentukan oleh waktu yang diberikan dalam pemaparan materi

    BalasHapus